Seni Rupa ( China :绝艺; pinyin : Jué Yì ) adalah program komputer Go playing yang dibuat oleh perusahaan media China Tencent .

Pengembangan dilaporkan dimulai pada awal 2016, sekitar waktu keberhasilan AlphaGo , pertama melawan Fan Hui dan kemudian melawan Lee Sedol , menunjukkan bahwa jaringan saraf pembelajaran mendalam yang dikombinasikan dengan algoritma Monte Carlo efektif di komputer Go. Seni Rupa mencapai kekuatan profesional manusia pada akhir 2016. 

Pada Maret 2017, ia memenangkan Piala Komputer Go UEC ,  melawan lapangan yang menyertakan Zen , Crazy Stone, dan 27 lainnya. AlphaGo tidak berpartisipasi. Setelah menang, ia memainkan permainan eksibisi melawan Ichiriki Ryo , 7-dan profesional Jepang. Permainan ini dimainkan tanpa cacat, dan Seni Rupa menang dengan mengundurkan diri.

Fine Art telah memainkan banyak permainan di Fox, sebuah server Internet Go , termasuk beberapa kemenangan atas Ke Jie , nomor 1 dunia. 

Dalam pertandingan terakhir AI Ryusei pertama, Fine Art mengalahkan DeepZenGo dan memenangkan kejuaraan pada 10 Desember 2017. 

Ide Tencent mengembangkan program AI Go pertama kali diusulkan pada Januari 2016 oleh wakil presiden Yao Xing, yang menyarankannya kepada direktur senior Lab AI Tencent, Liu Yongsheng, menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh portal berita Tencent sendiri, Tencent Technology.

Yao mengira proyek tersebut akan membantu meningkatkan kemampuan penelitian dan pengembangan tim, dan dapat memiliki potensi aplikasi yang besar untuk berbagai produk di perusahaan Internet yang berbasis di Shenzhen.

Sarannya disetujui dan proyek Go AI secara resmi didirikan dalam waktu dua minggu, dengan kode bernama Weigo di dalam Lab AI Tencent. Program demo pertama FineArt diselesaikan pada tanggal 4 Maret 2016, memiliki keterampilan Go amatir tingkat menengah.

Memanfaatkan jaringan saraf konvolusional, tim di Tencent memasukkan sejumlah besar data dari manual game Go ke FineArt untuk mengembangkan jaringan strateginya. FineArt juga berlatih dengan bermain sendiri dan orang lain untuk meningkatkan sistem evaluasinya.

Setelah berbulan-bulan belajar dan berkembang, FineArt mampu mengalahkan juara amatir pada Juni, mengalahkan pemain profesional level pemula pada Agustus, diikuti dengan mengalahkan pemain profesional level menengah pada September, dan mengalahkan pemain senior profesional pada November, menurut artikel Tencent. .

“Kami tidak pernah mengira AI bisa sekuat ini. Kami tidak tahu bagaimana AI bisa menangani dengan benar begitu banyak situasi yang berbeda dan kompleks. Jaringan sarafnya ajaib,” artikel tersebut mengutip anggota tim Tencent AI Lab yang tidak disebutkan namanya.

......................

Harling

HARLING MURAL ART
Seniman Mural Indonesia

View all posts

Add comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *